RPP Bahasa Inggris Kelas XI SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2007/2008

II. STANDAR KOMPETENSI

1. Mendengarkan:
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. KOMPETENSI DASAR
1.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas.

IV. INDIKATOR
• Mengidentifikasi kata yang didengar.
• Mengidentifikasi makna kata.
• Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
• Mengidentifikasi makna tindak tutur menyampaikan pendapat.
• Merespon tindak tutur menyampaikan pendapat.
• Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan puas.
• Merespon tindak tutur menyatakan puas
• Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan tidak puas
• Merespon tindak tutur menyatakan tidak puas
• Mengidentifikasi konteks situasi

V. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyampaikan pendapat, menyatakan rasa puas dan tidak puas.
2. Siswa dapat merespon tindak tutur menyampaikan pendapat, menyatakan rasa puas dan tidak puas.

VI. MATERI PEMBELAJARAN.
• Mengungkapkan pendapat.
Misalnya: A: I think this is great.
B: I thinks so, too.
• Meminta pendapat.
Misalnya: A: What do you think about it?
B: I think it’s a good idea.
• Menyatakan puas.
Misalnya: A: I can’t think of anything better.
B: Thank you for your compliment, sir.
• Menyatakan tidak puas.
Misalnya: A: I’m not happy about it
B: Please give me a second chance, sir.
VII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Kontekstual
B. Model : Student Teams – Achievement Divisions (STAD)

Pertemuan 1

No. Uraian Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
– Berdo’a
– Guru menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.

10 menit

2. Kegiatan Inti
– Guru Menyajikan informasi tentang ungkapan pendapat rasa puas dan tidak puas beserta responnya.
– Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar.
– Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional.
– Secara berkelompok, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang didengar.

60 menit
3. Penutup
– Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa yang dijawab secara individual.
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

20 menit

VIII. SUMBER BELAJAR
A. Media Pembelajaran : Tape recorder, kaset, kamus.
B. Sumber : Informational English, Intensive Learning English dan sumber lain yang relevan.

IX. PENILAIAN
A. Jenis : Penugasan, Test (tertulis & PG), Kuis.
B. Tindak lanjut : Pengayaan/ remedial
Tamalatea, Juli 2007

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2007/2008

II. STANDAR KOMPETENSI

1. Mendengarkan:
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. KOMPETENSI DASAR

1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.

IV. INDIKATOR
• Mengidentifikasi makna tindak tutur menasehati
• Merespon tindak tutur menasehati
• Mengidentifikasi makna tindak tutur memperingatkan
• Merespon tindak tutur memperingatkan
• Mengidentifikasi makna tindak tutur meluluskan permintaan
• Merespon tindak tutur meluluskan permintaan
• Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan
• Merespon tindak tutur menyatakan perasaan

V. MATERI PEMBELAJARAN.

• Ungkapan tentang nasehat.
Misalnya: A: You had better do it now.
B: I will.

• Ungkapan tentang memperingatkan.
Misalnya: A: Don’t forget to bring the food with you.
B: I won’t.

• Ungkapan tentang meluluskan permintaan.
Misalnya: A: You may go.
B: You’re the best dad.

• Ungkapan tentang perasaan
– Relief
Misalnya: A: I feel so relieved.
B: I can see that.
– Pain
Misalnya: A: Ouch! It hurts so much.
B: Oh, poor thing.

– Pleasure
Misalnya: A: I’m so pleased.
B: I’m glad you like it.

VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Kontekstual
B. Model : Student Teams – Achievement Divisions (STAD)

Pertemuan 1

No. Uraian Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
– Berdo’a
– Guru menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.

10 menit

2. Kegiatan Inti
– Guru Menyajikan informasi tentang ungkapan menasehati, memperingatkan, permintaan dan menyatakan perasaan beserta responnya.
– Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar.
– Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional.
– Secara berkelompok, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang didengar.

60 menit
3. Penutup
– Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa yang dijawab secara individual.
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

20 menit

VII. SUMBER BELAJAR
A. Media Pembelajaran : Tape recorder, kaset, kamus.
B. Sumber : Informational English, Competency Standard PROGRESS dan sumber
lain yang relevan
VIII. PENILAIAN
A. Jenis : Penugasan, Test (tertulis & PG), Kuis.
B. Tindak lanjut : Pengayaan/ remedial

Tamalatea, Juli 2007
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2007/2008

II. STANDAR KOMPETENSI

3. Berbicara:
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. KOMPETENSI DASAR
3.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati memperingatkan, meluluskan permintaan serta menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.

IV. INDIKATOR
• Menggunakan tindak tutur menasehati
• Merespon tindak tutur menasehati
• Menggunakan tindak tutur memperingatkan
• Merespon tindak tutur memperingatkan
• Menggunakan tindak tutur meluluskan permintaan
• Merespon tindak tutur meluluskan permintaan
• Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.
• Merespon tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain dan pleasure.

V. MATERI PEMBELAJARAN.
• Ungkapan tentang nasehat.
Misalnya: A: You had better do it now.
B: I will.
• Ungkapan tentang memperingatkan.
Misalnya: A: Don’t forget to bring the food with you.
B: I won’t.
• Ungkapan tentang meluluskan permintaan.
Misalnya: A: You may go.
B: You’re the best dad.
• Ungkapan tentang perasaan:

– Relief
Misalnya: A: I feel so relieved.
B: I can see that.
– Pain
Misalnya: A: Ouch! It hurts so much.
B: Oh, poor thing.

– Pleasure
Misalnya: A: I’m so pleased.
B: I’m glad you like it.

VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Kontekstual
B. Model : Role Playing

Pertemuan 1 (2×45 menit)
No. Uraian Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
– Berdo’a
– Guru menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.

10 menit

2. Kegiatan Inti
– Guru Menyajikan informasi tentang ungkapan menasehati beserta responnya.
– Siswa berlatih menggunakan ungkapan menasaehati beserta responnya.
– Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar.
– Guru memberikan skenario yang harus dilakonkan oleh masing-masing siswa dalam kelompoknya.
– Setiap kelompok siswa melakonkan skenario yang telah diberikan.
– Guru mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa

60 menit
3. Penutup
– Guru mengoreksi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

20 menit

Pertemuan ke-2 (2×45 menit)
No. Uraian Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
– Berdo’a
– Guru menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.

10 menit

2. Kegiatan Inti
– Guru Menyajikan informasi tentang ungkapan memberikan peringatan beserta responnya.
– Siswa berlatih menggunakan ungkapan memberikan peringatan beserta responnya.
– Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar.
– Guru memberikan skenario yang harus dilakonkan oleh masing-masing siswa dalam kelompoknya.
– Setiap kelompok siswa melakonkan skenario yang telah diberikan.
– Guru mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa

60 menit
3. Penutup
– Guru mengoreksi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

20 menit

Pertemuan 3 (2×45 menit)
No. Uraian Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
– Berdo’a
– Guru menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.

10 menit

2. Kegiatan Inti
– Guru Menyajikan informasi tentang ungkapan merespon permintaan.
– Siswa berlatih menggunakan ungkapan merespon permintaan.
– Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar.
– Guru memberikan skenario yang harus dilakonkan oleh masing-masing siswa dalam kelompoknya.
– Setiap kelompok siswa melakonkan skenario yang telah diberikan.
– Guru mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa

60 menit
3. Penutup
– Guru mengoreksi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

20 menit

Pertemuan 4 (2×45 menit)
No. Uraian Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
– Berdo’a
– Guru menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.

10 menit

2. Kegiatan Inti
– Guru Menyajikan informasi tentang ungkapan yang digunakan untuk menyatakan perasaan relief, pain, pleasure dan responnya.
– Siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk menyatakan perasaan relief, pain, pleasure dan responnya beserta responnya.
– Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar.
– Guru memberikan skenario yang harus dilakonkan oleh masing-masing siswa dalam kelompoknya.
– Setiap kelompok siswa melakonkan skenario yang telah diberikan.
– Guru mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa

60 menit
3. Penutup
– Guru mengoreksi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

20 menit

VII. SUMBER BELAJAR
A. Media Pembelajaran : kamus.
B. Sumber : Informational English, Competency Standard PROGRESS dan sumber
lain yang relevan.

VIII. PENILAIAN
A. Jenis : Penugasan, performan.
B. Tindak lanjut : Pengayaan/ remedial

Tamalatea, Juli 2007

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. IDENTITAS SEKOLAH

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2007/2008

II. STANDAR KOMPETENSI

2. Mendengarkan:
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. KOMPETENSI DASAR

2.1. Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

IV. INDIKATOR
• Mengidentifikasi topik sebuah teks fungsional pendek yang didengar
• Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek yang didengar
• Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks fungsional pendek yang didengar.

V. MATERI PEMBELAJARAN.

• Teks fungsional pendek lisan (Undangan lisan).

VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Kontekstual
B. Model : Student Teams – Achievement Divisions (STAD)

Pertemuan 1

No. Uraian Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
– Berdo’a
– Guru menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.

10 menit

2. Kegiatan Inti
– Guru Menyajikan materi tentang teks fungsional pendek dalam bentuk undangan lisan.
– Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar.
– Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional.
– Secara berkelompok, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang didengar.

60 menit
3. Penutup
– Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa yang dijawab secara individual.
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

20 menit

VII. SUMBER BELAJAR
A. Media Pembelajaran : Tape recorder, kaset, kamus.
B. Sumber : Informational English, Competency Standard PROGRESS dan sumber
lain yang relevan.

VIII. PENILAIAN
A. Jenis : Penugasan, Test (tertulis & PG), Kuis.
B. Tindak lanjut : Pengayaan/ remedial

Tamalatea, Juli 2007

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. IDENTITAS SEKOLAH

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2007/2008

II. STANDAR KOMPETENSI

4. Berbicara:
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. KOMPETENSI DASAR
4.1. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

IV. INDIKATOR
• Menggunakan bahasa lisan dalam menyampaikan teks fungsional pendek.

V. MATERI PEMBELAJARAN.
• Teks fungsional pendek lisan (Undangan lisan).

VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Kontekstual
B. Model : Artikulasi

Pertemuan 1 (2×45 menit)
No. Uraian Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
– Berdo’a
– Guru menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.

10 menit

2. Kegiatan Inti
– Guru membagi siswa ke dalam kelompok.
– Guru menyampaikan materi ttg teks fungsional pendek berbentuk undangan.
– Guru menugaskan salah satu siswa dalam setiap kelompok untuk menyampaikan undangan secara lisan dan teman-temannya membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran sampai semua siswa dalam kelompok tsb menyampaikan undangannya secara lisan.

60 menit
3. Penutup
– Guru mengoreksi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

20 menit

VII. SUMBER BELAJAR
A. Media Pembelajaran : kamus.
B. Sumber : Informational English, Competency Standard PROGRESS dan sumber
lain yang relevan.

VIII. PENILAIAN
A. Jenis : Penugasan, performan.
B. Tindak lanjut : Pengayaan/ remedial

Tamalatea, Juli 2007

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. IDENTITAS SEKOLAH

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2007/2008

II. STANDAR KOMPETENSI

2. Mendengarkan:
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. KOMPETENSI DASAR

2.2. Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative dan analytical exposition.

IV. INDIKATOR
• Mengidentifikasi main idea dari teks narrative, report dan analytical exposition yang didengar.
• Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar.
• Mengidentifikasi kejadian dari teks yang didengar.
• Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda / orang yang dilaporkan.
• Mengidentifikasi kasus yang didengar.
• Mengidentifikasi argumen yang didengar.

V. MATERI PEMBELAJARAN.
• Teks lisan berbentuk narrative.
• Teks lisan berbentuk report.
• Teks lisan berbentuk analytical exposition.

VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Kontekstual
B. Model : Student Teams – Achievement Divisions (STAD)

Pertemuan 1

No. Uraian Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
– Berdo’a
– Guru menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.

10 menit

2. Kegiatan Inti
– Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar.
– Guru memperdengarkan sebuah teks berbentuk narrative.
– Secara berkelompok, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang didengar. Anggota kelompok yang sudah memahami teks tersebut dapat menjelaskan kepada teman lainnya sampai semua anggota kelompok memahami teks tersebut

60 menit
3. Penutup
– Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa yang dijawab secara individual.
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

20 menit

Pertemuan 2

No. Uraian Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
– Berdo’a
– Guru menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.

10 menit

2. Kegiatan Inti
– Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar.
– Guru memperdengarkan sebuah teks berbentuk report.
– Secara berkelompok, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang didengar. Anggota kelompok yang sudah memahami teks tersebut dapat menjelaskan kepada teman lainnya sampai semua anggota kelompok memahami teks tersebut

60 menit
3. Penutup
– Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa yang dijawab secara individual.
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

20 menit

Pertemuan 3

No. Uraian Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
– Berdo’a
– Guru menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.

10 menit

2. Kegiatan Inti
– Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar.
– Guru memperdengarkan sebuah teks berbentuk analytical exposition..
– Secara berkelompok, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang didengar. Anggota kelompok yang sudah memahami teks tersebut dapat menjelaskan kepada teman lainnya sampai semua anggota kelompok memahami teks tersebut

60 menit
3. Penutup
– Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa yang dijawab secara individual.
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

20 menit

VII. SUMBER BELAJAR
A. Media Pembelajaran : Tape recorder, kaset, kamus.
B. Sumber : Informational English, Competency Standard PROGRESS dan sumber
lain yang relevan.

VIII. PENILAIAN
A. Jenis : Penugasan, Test (tertulis & PG), Kuis.
B. Tindak lanjut : Pengayaan/ remedial

Tamalatea, Juli 2007

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2007/2008

II. STANDAR KOMPETENSI

4. Berbicara:
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. KOMPETENSI DASAR

4.2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk report, narrative dan analytical exposition.

IV. INDIKATOR
• Melakukan monolog berbentuk report.
• Melakukan monolog berbentuk narrative.
• Melakukan monolog berbentuk analytical exposition.

V. MATERI PEMBELAJARAN.
• Teks lisan berbentuk report.
• Teks lisan berbentuk narrative.
• Teks lisan berbentuk analytical exposition.

VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Kontekstual
B. Metode : Penugasan

Pertemuan 1 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.
B. Kegiatan Inti:
– Siswa mengamati/ membaca teks berbentuk report.
– Siswa menceritakan ulang teks report yang telah diamati/ dibaca.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

Pertemuan 2 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.
B. Kegiatan Inti:
– Siswa mengamati/ membaca teks berbentuk narrative.
– Siswa menceritakan ulang teks narrative yang telah diamati/ dibaca.
C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

Pertemuan 3 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.
B. Kegiatan Inti:
– Siswa mengamati/ membaca teks berbentuk analytical exposition.
– Siswa menceritakan ulang teks analytical exposition yang telah diamati/ dibaca.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

VII. SUMBER BELAJAR
A. Media Pembelajaran : Teks berbentuk report, narrative dan analytical exposition, kamus.
B. Sumber : Informational English, Competency Standard PROGRESS dan sumber
lain yang relevan.

VIII. PENILAIAN

A. Jenis : Penugasan, unjuk kerja (performance).
B. Tindak lanjut : Pengayaan/ remedial

Tamalatea, Juli 2007

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. IDENTITAS SEKOLAH

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2007/2008

II. STANDAR KOMPETENSI

5. Membaca
Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

III. KOMPETENSI DASAR
5.1. Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

IV. INDIKATOR
• Membaca nyaring berrmakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar.
• Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca.
• Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek.

V. MATERI PEMBELAJARAN.
• Brosur
• Poster
• Pamflet

VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Kontekstual
B. Metode : Inquiry & discovery

Pertemuan 1 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa membaca nyaring bermakna teks dalam brosur secara individu.
– Siswa mendiskusikan berbagai aspek dari teks brosur tsb, seperti: isi, struktur teks secara berkelompok.
– Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi dari brosur tsb.
– Siswa berlatih menggunakan kalimat simple present untuk menyatakan fakta. Dan kalimat pasif untuk menyatakan inti berita.
C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

Pertemuan 2 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa membaca nyaring bermakna teks dalam poster secara individu.
– Siswa mendiskusikan berbagai aspek dari teks poster tsb, seperti: isi, struktur teks secara berkelompok.
– Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi dari poster tsb.
– Siswa berlatih menggunakan kalimat simple present untuk menyatakan fakta dan kalimat pasif untuk menyatakan inti berita.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

Pertemuan 3 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa membaca nyaring bermakna teks dalam pamflet secara individu.
– Siswa mendiskusikan berbagai aspek dari teks pamflet tsb, seperti: isi, struktur teks secara berkelompok.
– Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi dari pamflet tsb.
– Siswa berlatih menggunakan kalimat simple present untuk menyatakan fakta. dan kalimat pasif untuk menyatakan inti berita.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

VII. SUMBER BELAJAR
A. Media Pembelajaran : Brosur, poster, pamflet, kamus.
B. Sumber : Informational English, Competency Standard PROGRESS dan sumber
lain yang relevan.

VIII. PENILAIAN

A. Jenis : Test tertulis (PG dan Uraian), unjuk kerja (performance).
B. Tindak lanjut : Pengayaan/ remedial

Tamalatea, Juli 2007

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2007/2008

II. STANDAR KOMPETENSI
6. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. KOMPETENSI DASAR
6.1. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

IV. INDIKATOR
• Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan dan tata tulis dengan akurat.
• Menulis gagasan utama.
• Mengelaborasi gagasan utama.
• Membuat draft, merevisi, menyunting.
• Menghasilkan Brosur, poster, dan pamflet.

V. MATERI PEMBELAJARAN.
• Brosur
• Poster
• Pamflet

VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Kontekstual
B. Metode : Kooperatif, Penugasan.

Pertemuan 1 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa membuat draft teks berbentuk brosur dengan melakukan chain writing.
– Melakukan koreksi untuk menyempurnakan draft oleh teman sejawat dalam sebuah kelompok.
– Menyempurnakan draft berdasarkan hasil koreksi teman.
C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

Pertemuan 2 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa membuat draft teks berbentuk poster dengan melakukan chain writing.
– Melakukan koreksi untuk menyempurnakan draft oleh teman sejawat dalam sebuah kelompok.
– Menyempurnakan draft berdasarkan hasil koreksi teman.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

Pertemuan 3 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa membuat draft teks berbentuk pamflet dengan melakukan chain writing.
– Melakukan koreksi untuk menyempurnakan draft oleh teman sejawat dalam sebuah kelompok.
– Menyempurnakan draft berdasarkan hasil koreksi teman.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

VII. SUMBER BELAJAR
A. Media Pembelajaran : Brosur, poster, pamflet, kamus.
B. Sumber : Informational English, Competency Standard PROGRESS dan sumber
lain yang relevan.

VIII. PENILAIAN
A. Jenis : Tugas
B. Tindak lanjut : Pengayaan/ remedial

Tamalatea, Juli 2007
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2007/2008

II. STANDAR KOMPETENSI
5. Membaca
Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

III. KOMPETENSI DASAR
5.2. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk report, narrative dan analytical exposition.

IV. INDIKATOR
• Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca.
• Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi.
• Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca.
• Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/ orang yang dilaporkan.
• Mengidentifikasi kasus yang dibahas dalam teks.
• Mengidentifikasi argument yang diberikan.
• Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks.
• Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks yang dibaca

V. MATERI PEMBELAJARAN.
• Noun phrase
• Adjective clause
• Teks tulis berbentuk narrative
• Teks tulis berbentuk report
• Teks tulis berbentuk analytical exposition

VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Kontekstual
B. Metode : Inquiry & discovery

Pertemuan 1 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa membaca nyaring bermakna teks narrative secara individu.
– Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks narrative.
– Siswa mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur teks, secara berkelompok.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

Pertemuan 2 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa membaca nyaring bermakna teks report secara individu.
– Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks report.
– Siswa mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur teks, secara berkelompok.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

Pertemuan 3 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa membaca nyaring bermakna teks analytical exposition secara individu.
– Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks analytical exposition.
– Siswa mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur teks, secara berkelompok.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

VII. SUMBER BELAJAR
A. Media Pembelajaran : Teks narrative, report, analytical exposition, dan kamus.
B. Sumber : Informational English, Competency Standard PROGRESS dan sumber
lain yang relevan.

VIII. PENILAIAN

A. Jenis : Test tertulis (PG dan Uraian), tugas.
B. Tindak lanjut : Pengayaan/ remedial

Tamalatea, Juli 2007

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. IDENTITAS SEKOLAH

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Binamu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2007/2008

II. STANDAR KOMPETENSI
6. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. KOMPETENSI DASAR
6.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk report, narrative, dan analytical exposition.

IV. INDIKATOR
• Menggunakan kalimat adjective clause dalam menyampaikan sebuah berita.
• Menggunakan kalimat noun phrase dalam membuat kalimat.
• Menghasilkan teks berbentuk report.
• Menghasilkan teks berbentuk narrative.
• Menghasilkan teks berbentuk analytical exposition.

V. MATERI PEMBELAJARAN.
• Noun phrase.
• Adjective clause.
• Teks tulis berbentuk report..
• Teks tulis berbentuk narrative.
• Teks tulis berbentuk analytical exposition.

VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Kontekstual
B. Metode : Kooperatif, Penugasan.

Pertemuan 1 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa berlatih membuat kalimat dengan menggunakan noun phrase.
– Siswa berlatih membuat kalimat dengan menggunakan adjective clause.
– Siswa berlatih menggunakan kalimat simple present untuk menyatakan fakta dan kalimat kompleks yang menggunakan modals untuk menyatakan opini.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

Pertemuan 2 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa membuat draft teks berbentuk report dengan melakukan chain writing.
– Melakukan koreksi untuk menyempurnakan draft oleh teman sejawat dalam sebuah kelompok.
– Menyempurnakan draft berdasarkan hasil koreksi teman.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

Pertemuan 3 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.

B. Kegiatan Inti:
– Siswa membuat draft teks berbentuk narrative dengan melakukan chain writing.
– Melakukan koreksi untuk menyempurnakan draft oleh teman sejawat dalam sebuah kelompok.
– Menyempurnakan draft berdasarkan hasil koreksi teman.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

Pertemuan 4 (2×45 menit)
A. Kegiatan Awal:
– Salam dan tegur sapa
– Berdo’a
– Menanyakan kesiapan siswa ttg bahan dan sarana belajar yg perlu disiapkan.
– Guru menyampaikan topik pembelajaran dan manfaatnya bagi siswa jika menguasai materi tsb.
– Apersepsi
– Motivasi.
B. Kegiatan Inti:
– Siswa membuat draft teks berbentuk analytical exposition dengan melakukan chain writing.
– Melakukan koreksi untuk menyempurnakan draft oleh teman sejawat dalam sebuah kelompok.
– Menyempurnakan draft berdasarkan hasil koreksi teman.

C. Kegiatan Akhir:
– Siswa diharapkan menceritakan kembali pengalamannya serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran.
– Kesimpulan.
– Berdo’a.

VII. SUMBER BELAJAR
A. Media Pembelajaran : Teks narrative, report, analytical exposition , kamus.
B. Sumber : Informational English, Competency Standard PROGRESS dan sumber
lain yang relevan.

VIII. PENILAIAN

A. Jenis : Tugas, performan
B. Tindak lanjut : Pengayaan/ remedial

Tamalatea, Juli 2007

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: