RPP Bahasa Inggris SMA Kelas XI Sem 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA Neg. 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Mendengarkan/Menyimak (Listening)

A. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B. KOMPETENSI DASAR
1. Memahami makna kosa kata dalam berbagai teks lisan
2. Memahami perintah lisan
3. Memahami teks lisan untuk memperoleh informasi tertentu.

C. INDIKATOR
1. Membuat daftar kata-kata kunci dan membedakan kata-kata kunci dan yang bukan.
2. a. Menyusun gambar atau kalimat yang menunjukkan suatu proses berdasarkan perintah lisan.
b. Melaksanakan serangkaian perintah lisan
3. a. Melengkapi kalimat dengan informasi
b. Memberikan jawaban terhadap pertanyaan wh – dengan informasi yang terdapat dalam teks.

D. MATERI POKOK
1. Mengidentifikasi kata-kata kunci dari teks lisan sederhana berkaitan dengan tema
2. Menafsirkan serangkaian perintah lisan
3. Memperoleh informasi tertentu dari teks lisan sederhana

E. SKENARIO/LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan
a. Apersepsi dan motivasi
b. Menyipakan media yang akan digunakan
c. Menyampaikan indikator yang akan dicapai

2. Kegiatan inti
a. Siswa mendengarkan/menyimak teks lisan.
b. Siswa mencatat daftar kata-kata kunci dan yang bukan untuk memahami makna teks.
c. Siswa melengkapi kalimat dangan informasi tertentu
d. Siswa Bersama siswa menilai dan membahas respon/jawaban siswa

3. Penutup
a. Guru bersama siswa memberikan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b. Guru memberikan tugas pengayaan mendengarkan dan memahami teks dengan tepat untuk dikerjakan di rumah.

F. MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku Paket Bahasa Inggris Kelas 2 SMA 3. Tape Recorder
2. LKS Bahasa Inggris Kelas 2 SMA 4. Kamus Bahasa Inggris

G. PENILAIAN
1. Penilaian Proses berupa lembar pengamatan pada kegiatan inti
2. Penilaian kinerja berupa hasil kerja individual.

Tamalatea, Januari 2008

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA Neg. 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Berbicara (Speaking)

A. STANDAR KOMPETENSI
a. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
b. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B. KOMPETENSI DASAR
1. Menggunakan ungkapan dalam pergaulan
2. Mengungkapkan perasaan (emotional attitudes)

C. INDIKATOR
1. a. Melengkapi percakapan dengan ungkapan menyatakan sikap terhadap sesuatu.
b. Memperagakan percakapan yang mengandung ungkapan menyatakan sikap terhadap sesuatu.
c. Membuat ungkapan dalam menyatakan sikap terhadap sesuatu berdasarkan situasi yang diberikan.
d. Menyusun beberapa ungkapan dalam menyatakan sikap terhadap sesuatu
2. a. Melengkapi percakapan dengan ungkapan perasaan cinta, sedih, malu, marah dan jengkel.
b. Memperagakan percakapan dengan ungkapan perasaan cinta, sedih, malu, marah dan jengkel.
c. Membuat ungkapan dalam menyatakan perasaan cinta, sedih, malu, marah dan jengkel.
d. Menyusun beberapa ungkapan dalam menyatakan perasaan cinta, sedih, malu, marah dan jengkel.

D. MATERI POKOK
1. Menggunakan ungkapan menyatakan sikap terhadap sesuatu, seperti:
a. I agree with you
b. I disagree with your opinion
2. Menggunakan ungkapan perasaan cinta, seperti:
a. I love you
b. I care about you
3. Menggunakan ungkapan perasaan sedih, seperti:
a. I give up
b. I’m so sad to see that …
4. Menggunakan ungkapan perasaan malu, seperti:
a. How embarrassing
b. That’s shameful
5. Menggunakan ungkapan perasaan marah dan jengkel, seperti:
a. I’m really angry …
b. I can’t take this anymore …
c. It’s annoying … (when).
d. Don’t annoy me, please!

E. SKENARIO/LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan
a. Apersepsi dan motivasi
b. Menyipakan media yang akan digunakan
c. Menyampaikan indicator yang akan dicapai

2. Kegiatan inti
a. Secara berkelompok, siswa memperagakan percakapan yang mengandung ungkapan tertentu.
b. Secara individu, siswa melengkapi percakapan yang berisi ungkapan tertentu.

3. Penutup
a. Guru bersama siswa memberikan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b. Guru memberikan tugas pengayaan memperagakan percakapan melalui menghapal dialog dengan tepat, untuk dikerjakan di rumah.

F. MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku Paket Bahasa Inggris Kelas 2 SMA
2. LKS Bahasa Inggris Kelas 2 SMA
3. Kamus Bahasa Inggris

G. PENILAIAN
1. Penilaian Proses berupa lembar pengamatan pada kegiatan inti
2. Penilaian kinerja berupa hasil kerja individual.

Tamalatea, Januari 2008

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA Neg. 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Membaca (Reading)

A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

B. KOMPETENSI DASAR
1. Memperoleh informasi dari teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
2. Memahami makna kata, frasa, atau kalimat berdasarkan konteks.
3. Menemukan informasi tertentu dari teks berbentuk khusus secara cepat.
4. Memahami hubungan antar kalimat dalam teks tertulis.

C. INDIKATOR
1. a. Menentukan gagasan pokok dari paragraph tertentu dari teks yang disediakan
b. Menjawab pertanyaan wh – tentang gagasan pokok dari paragraph tertentu yang disediakan.
2. a. Mengidentifikasi kata jadian yang terdapat pada teks tertulis.
b. Menentukan makna kata tertentu dalam kpnteks.
3. a. Menjawab pertanyaan wh – dengan informasi tertentu secara tepat.
b. Mengidentifikasi informasi tertentu secara tepat berdasarkan pertanyaan yang dibuat.
4. a. Menentukan makna hubungan logis antarkalimat dalam teks berdasarkan kata penghubung yang digunakan.
b. Mengidentifikasi jenis teks tertentu (narrative, spoof, dan hortatory exposition)

D. MATERI POKOK
1. Menentukan gagasan pokok dari berbagai teks yang terdapat pada buku siswa.
2. a. Menafsirkan makna dan menggunakan kata-kata baru berdasarkan bentukan kata.
b. Menemukan kata yang bermakana ganda dalam teks tertulis
3. Menemukan informasi tertentu dari teks berbentuk khusus (banner, poster, pamphlet, dan lain-lain)
4. Menafsirkan hubungan antar kalimat dalam paragraph tertentu dari teks yang berkaitan dengan tema.

E. SKENARIO/LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan
a. Apersepsi dan motivasi
b. Menyipakan media yang akan digunakan
c. Menyampaikan indikator yang akan dicapai

2. Kegiatan inti
a. Siswa membaca teks yang terdapat pada buku secara individu.
b. Siswa mencatat kata-kata kunci dari teks untuk memahami teks tertentu secara individu.
c. Siswa menjawab pertanyaan yang tersedia sesuai dengan teks yang ada secara individu.
d. Secara berkelompok, siswa saling mengoreksi/meneliti hasil kerja teman penilaian difokuskan pada ketepatan antara pertanyaan dengan jawaban melalui informasi yang diperoleh dari teks.

3. Penutup
a. Guru bersama siswa mangadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b. Guru memberikan tugas pengayaan memperagakan percakapan melalui hafal dialog dengan tepat, untuk dikerjakan di rumah.

F. MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku Paket Bahasa Inggris Kelas 2 SMA 3. Kamus Bahasa Inggris
2. LKS Bahasa Inggris Kelas 2 SMA

G. PENILAIAN
1. Penilaian Proses berupa lembar pengamatan pada kegiatan inti
2. Penilaian kinerja berupa hasil kerja kelompok.

Tamalatea, Januari 2008

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA Neg. 1 Tamalatea
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Menulis (Writing)

A. STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B. KOMPETENSI DASAR
1. Menulis kalimat.
2. Mengungkapkan makna yang terkandung dalam teks tertentu (banner, poster, pamphlet, dan lain-lain)
3. Menemukan informasi tertentu dari teks berbentuk khusus secara cepat.
4. Menulis .teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.

C. INDIKATOR
1. Menjawab pertanyaan
2. Mendeskripsikan makna yang terkandung dalam teks tertentu (banner, poster, pamphlet, dan lain-lain.
3. Menulis teks esei berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.

D. MATERI POKOK
1. Menulis kalimat yang berkaitan dengan tema tertentu.
2. Mendeskripsikan dalam bentuk tulisan teks tertentu.
3. Menulis teks esei dalam paragraph, sesuai dengan jenis teks yang disarankan.

E. SKENARIO/LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan
a. Apersepsi dan motivasi
b. Menyipakan media yang akan digunakan
c. Menyampaikan indikator yang akan dicapai

2. Kegiatan inti
a. Secara individual siswa memahami perintah penulisan berkaitan dengan tema dan jenis teks.
b. Secara individual, siswa menulis teks.

3. Penutup
a. Guru mengumpulkan tugas siswa.
b. Guru memberikan tugas pengayaanmenulis teks dan tema tertentu, untuk dikerjakan di rumah.

F. MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku Paket Bahasa Inggris Kelas 2 SMA 3. Kamus Bahasa Inggris
2. LKS Bahasa Inggris Kelas 2 SMA

G. PENILAIAN
Penilaian berupa hasil kerja individual.

Tamalatea, Januari 2008

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tamalatea, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H BACHRI MAKKARAENG R I D W A N, S. Pd
NIP. 131 682 139 NIP. 580 036 578

About these ads

3 Responses

  1. rpp xi smt 2

  2. Asslm,,wr.wb.
    gan punya rpp kls xi yang versi pbkb ga? sy blm sempet bikin nih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: